Sekolah : SMP ......................................
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /II
Materi Pokok : Pancadhamma
Sub Materi Pokok : Pancadhamma
Alokasi Waktu : 2 JP (1 X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 | : | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2 | : | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI 3 | : | |
KI 4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (Dirumuskan dari KD) *)
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1. Menghayati empat sifat luhur sebagai hakikat sifat Ketuhanan dalam agama Buddha. | |
1.2. Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari | |
3.1. Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis | 3.1.1. Menjelaskan arti Pancadhamma. 3.1.2. Menyebutkan isi Pancadhamma 3.1.3. Menjelaskan pengertian metta-karuna. 3.1.4. Menyebutkan contoh pelaksanaan Metta-Karuna. 3.1.5. Menjelaskan pengertian Samma Ajiva . 3.1.6. Menyebutkan contoh pelakasanaan Samma Ajiva. 3.1.7. Menjelaskan pengertian Kamavacara 3.1.8. Menjelaskan pengertian Sacca. 3.1.9. Menjelaskan pengertian Sati sampajanna. 3.1.10. Menjelaskan hubungan Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma. |
4.1 Melaksanakan pancasila Buddhis | 4.1.1. Memberi contoh cara menghindari membunuh. 4.1.2. Memberi contoh cara menghindari mencuri. 4.1.1. Memberi contoh cara menghindari berbuat asusila. 4.1.2. Memberi contoh cara menghindari berkata tidak benar. 4.1.3. Memberi contoh cara menghindari minum-minuman keras. 4.1.4. Memberi contoh pelaksanaan cinta kasih. 4.1.5. Memberi contoh bermata pencaharian benar. 4.1.6. Memberi contoh pelaksanaan rasa terima kasih. 4.1.7. Memberi contoh pelaksanaan berkata jujur. 4.1.8. Memberi contoh pelaksanaan kesadaran |
B. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penjelasan guru, peserta didik mampu menjelaskan arti Pancadhamma, isi Pancadhamma, pengertian metta-karuna, pengertian Samma Ajiva, pengertian Kamavacara, pengertian Sacca, Sati sampajanna, dan hubungan Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma.
2. Melalui membaca buku pelajaran peserta didik mampu menyebutkan contoh pelaksanaan Metta-Karuna dan contoh pelakasanaan Samma Ajiva.
C. Materi Pembelajaran
1. Arti Pancadhamma adalah lima macam Dhamma yang merupakan pelaksanaan Pancasila Buddhis.
2. isi Pancadhamma adalah: Metta-Karuna, Samma Ajiva, Kamavacara, Sacca, dan Sati sampajanna.
3. Pengertian Metta-karuna adalah cinta kasih dan kasih sayang terhadap semua makhluk.
4. Contoh pelaksanaan Metta-Karuna: mencegah pembunuhan makhluk hidup, melepas satwa ke alam bebas, menolong makhluk yang kelaparan, menyirami tumbuh-tumbuhan dikebun, menjaga kebersihan lingkungan mengalirkan air selokan.
5. Pengertian Samma Ajiva adalah mata pencaharian yang benar.
6. Contoh pelakasanaan Samma Ajiva adalah: tidak menjual makhluk hidup, tidak menjual senjata, tidak menjual racun, tidak menjual minuman keras, dan tidak menjual daging.
7. Pengertian Kamavacara yaitu penahanan diri terhadap nafsu Indra.
8. Pengertian Sacca adalah kebenaran atau kejujuran (benar dalam pikiran, benar dalam ucapan, dan benar dalam perbuatan).
9. Pengertian Sati sampajanna adalah kesadaran benar atau kewaspadaan (waspada dalam bertingkah laku, waspada dalam berpakaian, waspada dalam makan, waspada dalam hidup dan kehidupan).
10. Hubungan Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma adalah, Pancasila Buddhis merupakan praktek sila yang bersifat pasif karena masih dalam batas niat, sedangkan Pancadhamma merupakan pelaksanaan sila secara aktif.
No | Pancasila Buddhis (pasif) | Pancadhamma (aktif) |
1 | Bertekat tidak membunuh | Melaksanakan cinta kasih-kasih sayang |
2 | Bertekat tidak tidak mencuri | Memiliki mata pencaharian yang benar |
3 | Bertekat tidak berzina | Menahan diri terhadap nafsu Indra |
4 | Bertekat tidak berbohong | Mengatakan yang sebenarnya dengan jujur |
5 | Bertekat tidak minum minuman keras | Memiliki kewaspadaan atau kesadaran |
D. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 Menit )
1. Guru dan peserta didik berdoa dengan namakhara patha
2. Guru dan peserta didik melakukan meditasi atau duduk hening sebelum pembelajaran dimulai.
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru memberikan pertanyaan tentang ciri sila.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang Pancadhamma.
6. Guru menyampaikan teknik penilaian sikap.
b. Kegiatan Inti (70 Menit)
1. Guru menjelaskan tentang arti Pancadhamma.(mengamati)
2. Guru menyebutkan isi Pancadhamma .
3. Guru menjelaskan tentang Metta Karuna.
4. Peserta didik menyebutkan contoh pelaksanaan Metta-Karuna.
5. Guru menjelaskan pengertian Samma Ajiva.
6. Peserta didik menyebutkan contoh pelaksanaan Samma Ajiva.
7. Guru menjelaskan pengertian Kamavacara.
8. Guru menjelaskan pengertian Sacca.
9. Guru menjelaskan pengertian Sati sampajanna.
10. Guru menjelaskan tentang hubungan antara Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma.
c. Kegiatan Penutup (40 Menit)
1. Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang arti Pancadhamma, isi Pancadhamma, dan hubungan antara Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma.
2. Guru memberikan umpan balik tentang materi yang sudah disampaikan
3. Guru mengadakan evaluasi pembelajaran
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Identitas Agama Buddha.
5. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup.
E. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian
a. Teknik penilaian
1) tes tertulis
2) tes lisan
b. . Instrumen penilaian tertulis
1) Jelaskan arti Pancadhamma!
2) Sebutkan isi Pancadhamma!
3) Jelaskan pengertian metta-karuna!
4) Sebutkan contoh pelaksanaan Metta-Karuna!
5) Jelaskan pengertian Samma Ajiva!
6) Sebutkan contoh pelakasanaan Samma Ajiva!
7) Jelaskan pengertian Kamavacara!
8) Jelaskan pengertian Sacca!
9) Jelaskan pengertian Sati sampajanna!
10) Jelaskan hubungan Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma!
c. Kunci jawaban
1) Arti Pancadhamma adalah lima macam Dhamma yang merupakan pelaksanaan Pancasila Buddhis.
2) isi Pancadhamma adalah: Metta-Karuna, Samma Ajiva, Kamavacara, Sacca, dan Sati sampajanna.
3) Pengertian Metta-karuna adalah cinta kasih dan kasih sayang terhadap semua makhluk.
4) Contoh pelaksanaan Metta-Karuna: mencegah pembunuhan makhluk hidup, melepas satwa ke alam bebas, menolong makhluk yang kelaparan, menyirami tumbuh-tumbuhan dikebun, menjaga kebersihan lingkungan mengalirkan air selokan.
5) Pengertian Samma Ajiva adalah mata pencaharian yang benar.
6) Contoh pelakasanaan Samma Ajiva adalah: tidak menjual makhluk hidup, tidak menjual senjata, tidak menjual racun, tidak menjual minuman keras, dan tidak menjual daging.
7) Pengertian Kamavacara yaitu penahanan diri terhadap nafsu Indra.
8) Pengertian Sacca adalah kebenaran atau kejujuran (benar dalam pikiran, benar dalam ucapan, dan benar dalam perbuatan).
9) Pengertian Sati sampajanna adalah kesadaran benar atau kewaspadaan (waspada dalam bertingkah laku, waspada dalam berpakaian, waspada dalam makan, waspada dalam hidup dan kehidupan).
10) Hubungan Pancasila Buddhis dengan Pancadhamma adalah, Pancasila Buddhis merupakan praktek sila yang bersifat pasif karena masih dalam batas niat, sedangkan Pancadhamma merupakan pelaksanaan sila secara aktif.
Skor penilaian
No | Nomor Soal | Skor |
1. | 1 | 1 |
2. | 2 | 1 |
3. | 3 | 1 |
4. | 4 | 1 |
5 | 5 | 1 |
6 | 6 | 1 |
7 | 7 | 1 |
8 | 8 | 1 |
9 | 9 | 1 |
10 | 10 | 1 |
NA: Jumlah Skor X 10 :
10
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
F. Media, Bahan/alat, dan Sumber Belajar
1. Media
2. Bahan / alat
laptop,lcd,papan tulis
3. Sumber Belajar
a. buku guru Pendidikan Agama Buddha Kemendikbud 2013.
b. Buku pelajaran Pendidkan Agama Buddha,Kemendikbub 2013.
c. Paritta Suci.
Mengetahui Kepala SMP ......................................... | Pekanbaru, 10 Juli 2017 Di buat oleh Guru Pendidikan Agama Buddha Tri Suyatno, M.Pd. |
Post a Comment