1.metode Proyek
a. kelebihan
1) dpt memperluas pemikiran siswa yg berguna dlm menghadapi mslh khdpn
2) dpt membina siswa dgn kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dlm khdpn sehari*.
3) Metode ini sesuai dgn prinsip* didaktik modern yg dlm pengajaran perlu diperhatikan
b.Kekurangan
1) Kurikulum yg berlaku di ina saat ini baik scr vertikal maupun horizontal blm menunjang pelaksanaan metode ini.
2) Pemilihan topik unit yg tepat sesuai dgn kebutuhan siswa ckp fasilitas dan sumber* bljr yg diperlukan bkn mrpk pekerjaan yg mudah.
3) Bahan pljrn sering menjadi luar shg dpt mengaburkan pokok unit yg dibahas.
2.metode eksperimen (percobaan): cr penyajian pelajaran dmn siswa melakukan percobaan dgn mengalami dan membuktikan sendiri yg dipelajari.
a. Kelebihan
1) Siswa lbh percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaanya
2) Dlm membina siswa utk membuat trobosan baru dgn penemuan dr hsl percobaan dan bermanfaat bg khdpn.
3) Hsl percobaan yg berharga dpt di manfaatkan
b.Kekurangan
1) Mtd ini lbh sesuai dgn bdng sain dan teknologi
2) Memerlukan berbagai fasilitas peralatan dan bhn yg tdk mdh diperoleh dan mahal
3) Menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan
4) Setiap percobaan tdk sll memberikan hasil yg diharapkan
3.metode tugas dan resitasi (penugasan): mtd penyajian guru memberikan tgs tertentu agar siswa melakukkan KBM.
a. Kelebihan
1) Merangsang siswa utk melakukan aktivitas bljr individual maupun klmpk
2) Mengembangkan kemandirian siswa diluar pengawasan guru
3) Membina tanggung jwb dan disiplin siswa
4) Mengembangkan kreativitas siswa
b.Kekurangan
1) Siswa sulit terkontrol apakah benar mengerjakan tgs sendr atau org lain
2) Khuisus untk tgs klmpk tdk jarang yg aktif untk mengerjakan
3) Tdk mudah memberikan tgs yg sesuai dgn perbedaan individu
4) Tgs yg monoton dpt menimbulkan kebosanan
4.metode diskusi :siswa dihadapkan kpd suatu mslh yg bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yg bersifat problem matis utk dibahas dan dipecahkan bersama.
a. Kebaikan
1) Meragsang kreativitas anak dlm bentuk ide, gagasan, dan trobosan baru dlm pemecahan mslh
2) Mengembangkan, sikap menghargai pendpt org lain
3) Memperluas wawasan
4) Membina utk terbiasa musyawarah mufakat
b.Kelemahan
1) Pembicaraan kadang menyimpang shg memerlukan waktu yg panjang
2) Tdk dpt dipakai pd klmpk besar
3) Informasi yg terbatas
4) Mungkin dikuasai oleh org yg suka bicara
5.metode sosiodrama :mendramatisasian tingkah laku dlm hub nya dgn mslh sosial.
a. Kelebihan
1) Melatih utk memahami, mengingat bahan yg didramakan dan menghayati isi cerita
2) Siswa terlatih utk berinisiatif dan berkreatif
3) Bakat siswa dpt dipupuk
4) Kerja sama dpt ditumbuhkan dan dibina
5) Memperoleh kebiasaan utk menerima dan membagi tanggung jwb
6) Bhsa lisan siswa dpt dibina menjadi bhsa yg baik
b.Kekurangan
1) Siswa yg tdk ikut mjd kurang kreatif
2) Makan waktu banyak
3) Memerlukan t4 yg luas
4) Bisa mengganggu kls lain
6.metode demonstrasi :penyajian pljrn dgn meragakan atau mempertujukkan suatu proses situasi, atau benda yg sedang dipelajari baik sebenarnya atau tiruan dan disertai dgn penjelasan.
a. Kelebihan
1) Pengajaran lbh jls dan konkret
2) Mudah memahai apa yg dipelajari
3) Proses pengajaran lbh menarik
4) Siswa dirangsang utk aktif mengamati menyesuaikan antara teori dan kenyataan
b.Kekurangan
1) Memerluka ketrampilan guru scr kusus
2) Fasilitas tdk sll tersedia dgn baik
3) Demontasi memrlukan kesiapan dan perencanaan yg matang, memerlukakn waktu yg ckp pajng
7.metode problem solving (pemecahan masalah)
a. kelebihan
1) membuat pendidikan di sklh mjd lbh relefan
2) dpt membiasakan siswa menghadapi dan memecahkan mslh scr trampil
3) mengembangkan kemampuan berpikir siswa scr kreatif
b.kekurangan
1) memerlukan kampuan dan ketrampila guru dlm menentukan mslh yg tigkat kesulitanya sesuai dgn tingkat berpikir siswa.
2) Memerlukan waktu yg ckp banyak
3) Memerlukan berbagai sumber bljr yg merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa.
8.metode karya wisata: cr mengajar yg dilaksanakan kesuatu t4 atau obyek tertentu diluar sklh utk mempelajari atau menyelidiki sesuatu.
a. Kelebihan
1) Karya wisata memiliki pemanfaatan lingkungan nyata
2) Pembelajaran lbh relefan dgn kenyataan
3) Merangsang kreatifitas siswa
4) Informasi sbg bahan pengajaran lebih luas dan aktual
b.Kekurangan
1) Fasilitas dan biaya sulit utk disediakan
2) Memerlukan persiapan dan perencanaan yg matang
3) Memerlukkan koordinasi dgn guru serta bidang studi lain
4) Unsur rekreasi menjadi lebih preoritas dr pd t7an utama studi
5) Sulit mengatur siswa yg byk
9.metode Tanya jawab :penyajian dlm bentuk pertanyaan yg hrs dijwb
a. kelebihan
1) pertanyaan dpt menarik dan perhatian siswa
2) merangsang siswa uk melatih dan mengembangkan daya pikir
3) mengembangkan keberaniaan dan ketrampilan siswa dlm menjawab dan mengemukakan pendpt
b.kekurangan
1) siswa merasa takut apa bila tdk bisa menjawab pertanyaan
2) tdk membuat pertanyaan yg sesuai dgn tingkat berpikir siswa
3) waktu byk terbuang apa bila tdk biasa menjawab 2 atau 3 pertanyaan
4) jmlh siswa yg byk waktunya tdk mencukupi utk semua siswa
10. metode latihan :cr yg baik utk menanamkan kebiasan tertentu
a. kelebihan
1) utk memperoleh kecakapan motorik spt menulis, menghafalkan huruf, berhtng dll
2) utk memperoleh kecakapan mental
3) utk memperoleh kecakapan dlm bentuk asosiasi
4) pembentukan kebiasaan yg dilakukan dan menambah ketepan serta kecepatan pelaksanaan
5) pemanfatan kebiasan* yg tdk memerlukan konsentrasi dlm pelaksanaan
6) pembetukan kebiasan* membuat gerakan* yg komplek, rumit, mjd lebih otomatis
b.kekurangan
1) menghambat bakat dan inisiatif siswa
2) menimbulkan penyesuaian scr setatis pd lingkungan
3) kadang latihan yg dilakukan berulang* membosankan
4) membentuk kebiasaan yg kaku krn bersifat otomatis
5) dpt menimbulkan verbalisme
11. metode ceramah :penyajian yg dilakukan guru dgn penuturan atau penjelasan lisan scr langsung terhadap siswa.
a. Kelebihan
1) Guru mudah menguasai klas
2) Mudah mengorganisasikan t4 duduk atau klas
3) Dpt diikuti jml siswa yg byk
4) Mudak mempersiapkan dan melaksanakanya
5) Guru mudah menerang pelajaran dgn baik
b.Kekurangan
1) Mudah mjd verbalisme
2) Yg visual mjd rugi, yg ouditif (mendengar) lebih bisa menerimanya
3) Dpt mebosankan bila terlalu lama
4) Menyebabkan siswa mjd pasif
Post a Comment